Kurikulum Teknik Industri 2020 – 2025 mengacu ke dua buah CP yaitu CP IABEE dan CP SN DIKTI dan KKNI. CP IABEE ditunjukkan pada Tabel berikut.
Tabel Capaian pembelajaran (CP) Program Studi Teknik Industri
CP1 |
Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknik industrian. An ability to apply knowledge of mathematics, natural and/or material sciences, information technology, and engineering to acquire comprehensive understanding of engineering principles. |
CP2 |
Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan) serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri. An ability to design integrated systems to meet desired needs which fulfill the required standard and within realistic constraints in such aspects as technical, law, economic, environment, social, politics, health and safety, sustainability, as well as, to involve respective stakeholders, to recognize and/or utilize the potential local and national resources with global perspective in industrial engineering. |
CP3 |
Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan keteknik industrian. An ability to design and conduct laboratory and/or field experiments as well as to analyze and interpret data to support decision-making processes in industrial engineering. |
CP4 |
Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang teknik industri. An ability to identify, formulate, analyze, and solve complex engineering problems in industrial engineering. |
CP5 |
Kemampuan untuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknik industrian. An ability to apply methods, skills, and modern engineering tools necessary for industrial engineering practices. |
CP6 |
Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif. An ability to communicate effectively orally and in writing. |
Cp7 |
Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberikan. An ability to plan, accomplish, and evaluate tasks under given constraints. |
CP8 |
Kemampuan untuk bekerja dalam tim multidisiplin dan multibudaya. An ability to work in a multidisciplinary and multicultural team. |
CP9 |
Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat, akuntabel, dan menjalankan etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknik industrian. An ability to be accountable and responsible to the society and adhere to professional ethics in solving industrial engineering problems. |
CP10 |
Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkini. An ability to engage in life-long learning, including access to the relevant knowledge of contemporary issues. |
Sementara CP berdasarkan SN Dikti dan CP KKNI ditunjukkan pada Tabel Capain Pembelajaran Sikap
A. Capaian Pembelajaran Sikap (S)
Tabel Capaian Pembelajaran Sikap (S)
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
B. Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum (KU)
Tabel Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum (KU)
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 | Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tingg |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 | ampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
C. Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)
Tabel Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus (KK)
KK1 | Mampu menerapkan konsep integrasi keislaman dalam teoritis matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, & informasi). |
KK2 | Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental. |
KK3 | Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan keislaman dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesis informasi untuk memberikan solusi |
KK4 | Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, sosial dan lingkungan (environmental) yang didasari kultur dan nilai-nilai keislaman |
KK5 | Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, serta kultural dan nilai-nilai keislaman. |
KK6 | Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa. |
D. Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P)
Tabel Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P)
P1 | Menguasai konsep integrasi keislaman dalam teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi. |
P2 | Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem dan nilai-nilai keislaman |
P3 | Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum tanpa meninggalkan prinsip-prinsip ajaran Islam |
P4 | Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini sebagai media syiar nilai-nilai keislaman. |
P5 | Mampu melakukan komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif |
P6 | Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian yang berlandaskan nilai nilai keislaman |
P7 | Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup yang berlandaskan prinsip islam |
P8 | Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja dengan menerapkan nilai islam |
Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau mempunyai Kesesuaian dengan Kriteria IABEE untuk bidang keteknikan. Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan sub-kriteria 1.3 butir (a) sampa (j) yang telah ditetapkan oleh IABEE yang berkesesuaian dengan Panduan Kurikulum yang telah disusun oleh BKSTI Pusat disajikan dalam tabel Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri.
Tabel Matrik hubungan kesesuaian antara Capaian Pembelajaran Program Studi Teknik Industri
Pengetahuan/ keterampilan/sikap
pada Sub-Kriteria 1.3
Capaian Pembelajaran Program Studi |
(a) | (b) | (c) | (d) | (e) | (f) | (g) | (h) | (i) | (j) |
(CP-1) | KU | |||||||||
(CP-2) | KU | KU | KU | |||||||
(CP-3) | KU | KU | KU | |||||||
(CP-4) | KU | |||||||||
(CP-5) | KU | |||||||||
(CP-6) | KU | KU | KU | KU | ||||||
(CP-7) | KU | S | S | S | ||||||
(CP-8) | KU, S | KU | KU | |||||||
(CP-9) | S | S | S | S | S | KU, S | S | S | ||
(CP-10) | KU | S |
Tabel Hubungan Keterkaitan Capaian
Pembelajaran dengan Profil Profesional Mandiri
Capaian
Pembelajaran |
Profil Profesi Mandiri | ||
1 | 2 | 3 | |
CP-1 | √ | √ | |
CP-2 | √ | √ | |
CP-3 | √ | √ | |
CP-4 | √ | √ | |
CP-5 | √ | √ | |
CP-6 | √ | ||
CP-7 | √ | √ | |
CP-8 | √ | ||
CP-9 | √ | √ | |
CP-10 | √ | √ |
Program Studi Teknik Industri
Fakultas Sains & Teknologi
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H. R. Soebrantas No.155 KM 18, Kel. Tuah Madani, Kec. Tuah Madani Kota Pekanbaru – Riau
Phone: +62-852-7212-5004
Email : teknik.industri@ui-suska.ac.id
Mon – Fri 08:00 A.M. – 04:00 P.M.